Pendidikan anak usia dini (PAUD dan TK) yang berkualitas baik terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis serta perkembangan sosial emosional yang baik.

Untuk menjamin pendidikan yang berkualitas, ketersediaan guru yang berkualitas harus lebih ditingkatkan.

Inisiatif pengembangan sumber daya manusia di bidang pendidikan dicanangkan oleh Singapore International

Foundation (SIF) dengan judul Early Childhood Education Project.

Program ini telah bekerjasama dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Jawa Barat sejak tahun 2019 dan berakhir pada tahun 2021.

Dalam program ini, guru TK terpilih dilatih untuk memperkuat interaksi antara guru dan siswa, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menciptakan suasana kolaboratif antara guru dan keluarga anak-anak siswa.

Direktur ITGKI Jabar Renni Kusnaeni mengatakan judul dan materi pelatihan yang diberikan oleh para mentor SIF disesuaikan dengan kebutuhan guru TK di Jabar.

Baca Juga: 10 Kegiatan Sederhana Untuk Melatih Motorik Halus Untuk Anak Usia Dini

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

“Sebelum program dimulai, kami banyak berdiskusi dengan tim SIF tentang ilmu apa saja yang dibutuhkan

, kemudian kami dari ITGKI memberikan masukan sesuai kebutuhan para guru,” ujar Renni saat diwawancarai virtual Kompas.com (15/ 7/2021). ).

Program pelatihan tahun 2019 ini dilaksanakan secara offline dengan peserta sebanyak 25 guru TK yang berkualitas. Pada tahap kedua, karena adanya pandemi, seluruh kegiatan dilakukan secara online dengan 50 guru peserta.

Salah satu guru TK yang mengikuti program tersebut, Rina Elliyanti, mengaku mendapat banyak hal baru dari pelatihan yang diikutinya.

“Meski terjadi secara online, kami tetap mendapatkan perspektif dan strategi baru dalam mengajar.

Kita juga bisa langsung mengaplikasikannya dan mendapatkan masukan dari narasumber sehingga kita tidak hanya mendapatkan teori saja,” ujar Rina, Guru TK Yos Sudarso, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Baca juga: Anak Tidak Percaya Sekolah? Bagaimana mengatasinya!

Menurutnya, materi yang diberikan juga akan membantu guru beradaptasi dengan kondisi pembelajaran online di masa pandemi.

LIHAT JUGA :

serverharga.com
wikidpr.id
riaumandiri.id
dekranasdadkijakarta.id
finland.or.id
cides.or.id