Memahami wesel
Baca cepat Buka

Wesel adalah surat perintah pembayaran dari penerbit kepada pengambil gambar, yang harus melakukan pembayaran kepada pemegangnya.

Surat Perintah Bayar adalah surat berharga yang memuat kata “surat perintah bayar”, diberi tanggal dan ditandatangani di tempat penerbit (treker) memerintahkan yang bersangkutan (mabuk) untuk mentransfer sejumlah uang kepada orang tertentu pada hari pembayaran (vervaldag ) penerbit, yang disebut penerima manfaat (nemer) atau penggantinya di lokasi tertentu.

Dengan cara ini, personel yang terlibat dalam perubahan dapat dipecah sebagai berikut:

Penerbit (trekker), yaitu orang yang menyiapkan, menerbitkan, atau menerbitkan wesel.
Tersangkut adalah orang yang pada hari pembayaran menerima instruksi dari penerbit untuk membayar sejumlah uang kepada penerima.
Penerima (nemmer) adalah orang yang ditugaskan oleh penerbit yang menerima sejumlah uang yang ditunjukkan dalam wesel pada hari pembayaran.
Pemegang (houder) adalah orang yang menerima wesel dari penerima atau pemegang lainnya.
Ansodan (Endosant) adalah kedudukan penerima atau pemegang yang menyerahkan wesel orang lain, sedangkan orang lain yang menerima penyerahan surat itu dikenal sebagai “pemegang”.

Baca lebih lanjut: Memahami Tipografi
Aturan untuk mengelompokkan wesel

Dari sejarahnya dapat disimpulkan bahwa RUU tersebut merupakan lembaga hukum yang berlaku di semua negara. Jika kita mengkaji peraturan wesel yang berlaku di negara-negara di seluruh dunia, kita dapat membaginya menjadi 3 kelompok utama, yaitu:

Grup Prancis

Kelompok Prancis, yang termasuk dalam skema Belanda, berpandangan bahwa draft kontrak tidak lebih dari kontrak penjualan dalam mata uang asing. Klausa mata uang dan perbedaan lokasi adalah elemen utama. Klausula mata uang adalah klausul dalam perjanjian pinjam meminjam uang yang mengatur bahwa pinjaman harus dilunasi dengan uang asing. Perbedaannya, rancangan undang-undang pada waktu itu mengatur bahwa tempat tinggal penerbit dan subjek atau akseptor harus berbeda, yaitu tidak di tempat yang sama.

grup jerman

Kelompok Jerman ini menganut teori “abstraksi material” dimana wesel merupakan janji yang berdiri sendiri untuk membayar dan tidak ada hubungannya dengan hubungan pokok yang menjadi sumber perikatan dan penerbitan wesel tersebut.

Grup Inggris-Amerika

Kelompok Anglo-Amerika ini berdiri di tengah, yaitu di satu sisi mereka ingin melindungi pihak ketiga yang jujur ​​dengan menerapkan teori abstraksi material kepada pihak ketiga atau pihak luar, di sisi lain mereka menetapkan doktrin hubungan klausa antara pihak asli (original party). di).
Formulir pesanan pembayaran

Bentuk perubahan dibagi menjadi 2, yaitu:

Bentuk umum nota pengiriman

Ada tiga bentuk umum wesel, yaitu:

1) Perintah pembayaran atas nama, yaitu perintah pembayaran, yang pemiliknya adalah nama dalam perintah pembayaran. Sekalipun konsep ini atas nama, dapat diteruskan ke orang lain melalui dosis, yang memiliki efek pengesahan biasa (Pasal 110, Ayat 1).

2) Surat perintah pembayaran pengganti, yaitu surat wesel, yang di dalamnya terdapat tambahan klausul di sebelah nama pemilik yang berbunyi “atau penggantinya”. Pengalihan wesel ini kepada orang lain dengan pengesahan (Pasal 110 Para. 1).

3) Surat perintah pembayaran bukan pengganti, adalah surat perintah pembayaran atas nama dengan tambahan klausul "tidak diganti". Pertukaran jenis ini bukan merupakan jenis surat berharga, melainkan surat berharga atau “hak uang kertas”, dimana penyerahannya tidak boleh dilakukan dengan endosemen, tetapi harus dilakukan per sesi (cessie), yang berarti pemindahan hak tersebut. Debitur menjadi dikenal/disetujui (Pasal 110 Para. 2).

Wesel khusus

Selain bentuk instruksi pembayaran umum yang dibahas dalam pelajaran sebelumnya, KUHD mengenal bentuk instruksi pembayaran khusus yang diatur dalam Pasal 102, 102 a, 103 dan 126. Rinciannya adalah sebagai berikut.
Baca lebih lanjut: Remunerasi adalah

1) Perintah pembayaran kepada penerbit itu sendiri atau penggantinya.

2) Wesel yang diterbitkan untuk penerbit sendiri.

3) Wesel yang diterbitkan atas biaya pihak ketiga.

4) Koleksi pesanan pembayaran.

5) Domisili wesel.

6) Surat perintah pembayaran domisili dikosongkan.

Syarat pembayaran

Ketentuan tentang tanggal pelunasan wesel atau tanggal pengambilan wesel dapat dibedakan menjadi dua hal

Lihat Juga

https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://excite.co.id/
https://creasi.co.id/